Profil PPID

PPID Kota Semarang adalah Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan informasi di lingkungan Pemerintah Kota Semarang.

Dalam mengelola pelayanan informasi dan dokumentasi, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi ( PPID ) Kota Semarang dibantu oleh PPID pembantu yang terdapat di Organisasi Perangkat Daerah, Unit Kerja, Perusahaan Daerah dan Desa.

Alamat :

Gedung Pusat Informasi Publik Kota Semarang
Jalan Pemuda No. 148 Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50132

No Telp :
(024) 3540009

Email :
ppid@semarangkota.go.id

Tugas dan Fungsi PPID

  • Mengkoordinasikan dan mengkonsolidasikan pengumpulan bahan informasi dan dokumentasi dari PPID Pembantu;

  • Menyimpan, mendokumentasikan, menyediakan dan memberi pelayanan informasi kepada publik;

  • Melakukan verifikasi bahan informasi publik;

  • Melakukan uji konsekuensi atas informasi yang dikecualikan dengan berdasarkan aturan yang berlaku dan analisa kajian terhadap data dan informasi terkait;

  • Melakukan pemutakhiran atau pembaharuan informasi dan dokumentasi;

  • Menyediakan informasi dan dokumentasi untuk diakses oleh masyarakat.

  • Menolak memberikan informasi yang dikecualikan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan;

  • Menolak memberikan informasi apabila tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan;

  • Meminta dan memperoleh informasi dari unit kerja/ komponen/ satuan kerja yang menjadi cakupan kerjanya;

  • Memberikan pertimbangan dan kajian cakupan pemberian informasi, tujuan permintaan informasi serta mekanisme pemberian informasi;

  • Membuat, mengumpulkan, serta memelihara informasi dan dokumentasi untuk dan sesuai dengan kebutuhan tugas pokok dan fungsi organisasi;

  • Mengkoordinasikan pemberian pelayanan informasi antara anggota PPID Pembantu dan/ atau pejabat fungsional yang menjadi cakupan kerjanya.

Wewenang PPID yaitu menolak memberikan informasi yang dikecualikan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan; meminta dan memperoleh informasi dari unit kerja/komponen/satuan kerja yang menjadi cakupan kerjanya; mengkoordinasikan pemberian pelayanan informasi dengan PPID Pembantu; menentukan atau menetapkan suatu informasi dapat/tidaknya diakses oleh publik; menugaskan PPID Pembantu untuk membuat, mengumpulkan, serta memelihara informasi dan dokumentasi untuk kebutuhan organisasi.

Hak dan Kewajiban PPID. PPID berhak menolak menyediakan, memberikan, dan/atau menerbitkan informasi publik yang dikecualikan dan/atau tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan. PPID wajib menyediakan, memberikan, dan/atau menerbitkan informasi publik yang berada di bawah kewenangannya kepada pemohon informasi publik, selain informasi publik yang dikecualikan dan/atau tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan Dalam menjalankan tugasnya dalam memberikan informasi kepada masyarakat, PPID Utama Kota Semarang dibantu oleh PPID Pembantu yang tersebar di 55  OPD.

Struktur Organisasi PPID

Alamat Kantor Pemerintahan

Alamat Instansi Kantor Pemerintahaan Kota Semarang
Klik Disini

Alamat BUMD

No Nama Instansi Alamat Instansi
1 Bank Perkreditan Rakyat Bank Pasar Jl. Pemuda 163, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50132
2 Perusahaan Daerah Air Minum Jl. Kelud Raya No. 60 Semarang 50237, Indonesia
3 Bank Perkreditan Rakyat Badan Kredit Kecamatan Jl. Walisongo No.Km. 10, Tugurejo, Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah 50182
4 Perusahaan Daerah Rumah Pemotongan Hewan dan Budidaya Hewan Potong JL. Brigadir Jenderal Sudiarto, Km 11, Palebon, Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50113
5 Perusda Percetakan Jl. Supriyadi No.20, Kalicari, Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50198
6 RSUD Kota Semarang Jl. Fatmawati No.1, Mangunharjo, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50272

Struktur Organisasi & Tupoksi

No Nama Instansi Alamat Instansi
1 Susunan Organisasi Tata Kerja Badan Buka
2 Susunan Organisasi Tata Kerja Dinas Buka
3 Susunan Organisasi Tata Kerja Inspektorat Buka
4 Susunan Organisasi Tata Kerja Kecamatan Buka
5 Susunan Organisasi Tata Kerja Kelurahan Buka
6 Susunan Organisasi Tata Kerja Sekretariat Daerah Buka
7 Susunan Organisasi Tata Kerja Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Buka

Visi & Misi

Visi dan Misi revisi