Lapor Semar Goes to School : Diskominfo Semarang Kenalkan PPID, Lapor Semar, dan 112 ke Pelajar

Published On: 12th September, 2025Categories: Berita Kota Semarang1.6 min readViews: 84
Daftar Isi Halaman
Share Post

KOTA SEMARANG- Guna mengenalkan kanal layanan komunikasi publik milik kepada masyarakat luas, Diskominfo Kota Semarang menggelar sosialisasi Lapor Semar Goes to School dengan melibatkan perwakilan siswa SMP di Kota Semarang, Selasa (9/9). Bertempat di SMP 5 Semarang, kegiatan ini dihadiri oleh 192 peserta dari 64 SMP di Kota Semarang yang merupakan pelajar perwakilan OSIS dan guru pendamping.

Sub Koordinator Pengelolaan Aspirasi dan Informasi Diskominfo Kota Semarang, Wulan Asih Setyarini mengatakan bahwa kegiatan Lapor Semarang Goes to School dilakukan untuk mengenalkan kanal informasi publik yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Semarang. Terdapat tiga kanal layanan komunikasi public yang disosialisasikan, yaitu kanal layanan permohonan informasi (PPID), kanal pengaduan dan aspirasi Lapor Semar Solusi AWP, dan layanan kegawatdaruratan Command Center 112.

Pranata Hubungan Masyarakat dan Petugas Pelayanan Informasi PPID Diskominfo Kota Semarang, Andina Puspa mengatakan, PPID merupakan salah satu kanal layanan komunikasi yang masih jarang diketahui oleh masyarakat.

“Apa itu PPID? PPID adalah Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi, atau simpelnya Unit Layanan Informasi Pemerintah Kota Semarang,” ujarnya. Andina menambahkan, salah satu tugas PPID adalah mengatur dan memberikan informasi resmi dari Pemerintah Kota kepada masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Andina juga mengenalkan website milik PPID yang bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat. Masyarakat cukup mengakses ppid.semarangkota.go.id untuk mendapatkan beragam informasi publik Pemerintah Kota Semarang.

“Kita juga punya Calender of Event, kalau OSIS teman – teman punya acara, mau dimasukkan kesini, bisa,” ujarnya. Untuk memasukkan event ke website PPID Kota Semarang, masyarakat cukup menghubungi nomor 0811-2681-112 dengan mengirimkan proposal dan poster event yang ingin dimasukkan.

Selain pelayanan informasi PPID Kota Semarang, dalam kegiatan tersebut juga dikenalkan kanal aduan Lapor Semar oleh Bening Sasaningtawang serta Command Center 112 oleh Afny Kothiatina. Peserta diajak berpartisipasi aktif untuk menyampaikan aduan melalui layanan Lapor Semar Solusi AWP dan melakukan test call pada layanan darurat 112.

Penulis : Andina/Diskominfo

Foto : Lapor Semar/Diskominfo