
Kota Semarang- Sapa Mbak Ita (SMI) bersama PPID Kota Semarang sosialisasikan kanal pengaduan dan layanan informasi di Kota Semarang, Senin (20/5). Bertempat di Gedung FISIP UNDIP, kegiatan yang bertajuk Campaign Yuk Sapa Mbak Ita dan Layanan Informasi Kota Semarang tersebut dihadiri langsung oleh perwakilan Sapa Mbak Ita, PPID dan mahasiswa FISIP UNDIP.
Sub Koordinator Pengelolaan Aspirasi dan Informasi Diskominfo Kota Semarang, Wulan Asih Setyarini mengatakan Pemkot Semarang selama ini memiliki 3 kanal layanan komunikasi. Ketiga kanal tersebut diantaranya adalah Sapa Mbak Ita untuk pengaduan, Call Center 112 untuk kegawatdaruratan, dan PPID untuk pusat informasi Kota Semarang.

Wulan mengatakan, pada era modern saat ini, penyampaian aspirasi tidak hanya dilakukan melalui demonstrasi, namun juga bisa melalui kanal pengaduan seperti Sapa Mbak Ita. “Era digital ini, teman – teman bisa melakukan kritikan, masukan, gagasan, ide ke Pemerintah Kota hanya melalui satu kanal yaitu Sapa Mbak Ita,” ujarnya.
Pada kesempatan tersebut, Wulan mengatakan, kegiatan Campaign Yuk Sapa Mbak Ita dan Layanan Informasi Kota Semarang tersebut merupakan hasil kolaborasi antara mahasiswa Undip dan Diskominfo Kota Semarang. Wulan juga mengapresiasi kerjasama antara Undip dan Diskominfo Kota Semarang. Ia mengatakan hasil kerjasama antara kedua pihak tidak berhenti begitu saja, namun terus berjalan, diantaranya dalam hal penerimaan magang. “Selama ini Diskominfo sudah menerima mahasiswa luar biasa dari Undip,” ujarnya.
Petugas Pelayanan Informasi (PPID) Kota Semarang, Ardianto mengatakan menjelaskan PPID merupakan sebuah unit layanan informasi yang bisa dimanfaatkan oleh para mahasiswa Undip, baik untuk kehidupan sehari – hari atau untuk keperluan penelitian.
“Contoh SKCK, cara mengurusnya bagaimana, sebelum berangkat kan kita harus tahu dulu biar gak bolak balik, bisa tanya ke PPID Kota Semarang,” ujarnya. Sementara untuk permintaan data atau pertanyaan yang membutuhkan waktu untuk menjawab, Ardi mengatakan mahasiswa bisa memanfaatkan silintas.ppid.semarangkota.go.id.
Ardi menjelaskan, selama ini pihaknya terus berinovasi untuk memperluas pelayanan informasi yang dimiliki, salah satunya adalah dengan menengembangkan system yang berbasis pengetahuan di website ppid.semarangkota.go.id serta melakukan sosialisasi hingga ke tingkat Kelurahan dan Kecamatan untuk menjangkau masyarakat luas.

Penulis : Andina Puspa
Informasi Terkait