Persyaratan #
- Fotokopi akta pendirian perusahaan dan perubahan terakhir (bila ada) atau Fotokopi KTP bagi pengusaha perorangan;
- NPWP Perusahaan/Perorangan;
- Surat Pernyataan Keabsahan dan Kebenaran atas dokumen pendaftaran;
- Fotokopi izin teknis sesuai peraturan perundang-undangan :
- IMB atau IPB atau Perjanjian Penggunaan Bangunan atau Tempat Usaha;
- SPPL, dibuat oleh pemohon dan disetujui oleh petugas instansi yang berwenang, sedangkan untuk usaha yang berada di dalam kawasan yang telah memiliki Izin Lingkungan, tidak membutuhkan persetujuan dari petugas instansi yang berwenang; dan
- Izin Lingkungan, untuk usaha menengah dan besar, dikecualikan usaha menengah dan besar berada di kawasan yang telah memiliki Izin Lingkungan
- Fotokopi Nomor Pokok Peserta BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan
Sistem, Mekanisme dan Prosedur #
- Pemohon mengajukan pendaftaran SIIMUT secara Mandiri atau Pendampingan di Anjungan On-Line Mandiri ( ANOMAN );
- Setelah pemohon melakukan pendaftaran izin usaha Tanda Daftar Usaha Pariwisata Pramuwisata selesai dan berhasil, input data pendaftaran diverifikasi oleh Kasi Verifikasi dan Validasi;
- Data pendaftaran diperiksa lengkap dan benar oleh Kasi Penetapan kemudian ditetapkan untuk diproses pengajuan draf Persetujuan Izin Usaha Tanda Daftar Usaha Pariwisata Pramuwisata;
- Data Pendaftaran dan Draf Persetujuan Izin Usaha Tanda Daftar Usaha Pariwisata Pramuwisata di setujui oleh Kepala Bidang;
- Pemeriksaan draf Persetujuan Izin Usaha Tanda Daftar Usaha Pariwisata Pramuwisata oleh Kasi Penerbitan dan Dokumentasi serta pengiriman ke Folder DS,
- Pengesahan Persetujuan Izin Usaha Tanda Daftar Usaha Pariwisata Pramuwisata oleh Kepala Dinas;
- Pencetakan dan pengarsipan Persetujuan Izin Usaha Tanda Daftar Usaha Pariwisata Pramuwisata;
- Penotifikasian Izin Usaha Tanda Daftar Usaha Pariwisata Pramuwisata ke Web Form OSS
Jangka Waktu Pelayanan #
Waktu pelayanan adalah 3 (tiga) hari
Biaya/Tarif #
Biaya adalah tidakadabiaya ( 0 ) Rp.
Produk Pelayanan #
Persetujuan Izin Usaha ( Tanda Daftar Usaha Pariwisata ) dan Izin Usaha ( Tanda Daftar Usaha Pariwisata ).
Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan #
- Pengaduan langsung melalui customer service Kantor DPMPTSP di Mall Pelayanan Publik, Terminal Tipe-A Mangkang Lantai 2, Jl. Raya Semarang – Kendal, Kec. Tugu, Kota Semarang 50155;
- Pengaduan tidak langsung melalui media sebagai berikut:
-
- Kontak Aduan Masyarakat
- Telepon (024) 3548591 atau SMS 081-1275-7425
- Email: dpmptsp.smgkota@gmail.com
- Instagram: Instagram DPMPTSP Kota Semarang
- Twitter: Twitter DPMPTSP Kota Semarang
- Facebook: Facebook DPMPTSP Kota Semarang
- Youtube: Youtube DPMPTSP Kota Semarang